Loading...

Kaesang Cerita Pengalaman Rampungkan Kuliah di Singapura Sambil Berbisnis


Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, wisuda dari Singapore University of Social Sciences (SUSS) dan mendapatkan penghargaan di bidang kewirausahaan. Dia menceritakan pengalamannya merampungkan kuliah sambil tetap menjalankan bisnis.

Seperti dilansir The Straits Times, Rabu (9/10/2019), Kaesang lulus dari SUSS dengan gelar sarjana di bidang marketing dengan minor di bidang komunikasi. Dia menjadi satu dari tiga wisudawan yang mendapat penghargaan di bidang kewirausahaan.

Kaesang selama ini memang aktif berbisnis kuliner lewat Sang Pisang hingga Ternakopi. Yang terbaru, Kaesang juga membuka restoran Mangkok Ku bersama sang kakak, Gibran Rakabuming dan Chef Arnold.

Sembari menjalankan bisnis itu, Kaesang juga menempuh pendidikan secara penuh selama 4 tahun di Singapore University of Social Sciences. Dia mengakui bahwa kuliah sambil bisnis adalah hal yang menantang. Namun, semuanya bisa dijalani dengan baik salah satunya berkat waktu yang fleksibel dari kampus.

"Ada mata kuliah tentang strategi bisnis, di situ saya belajar bagaimana menyusun strategi, bagaimana cara memulai bisnis. Selama 4 tahun, saya memulai 5 bisnis. Modul-modul itu membantu," kata Kaesang saat diwawancara usai wisuda.

Terinspirasi dari Jokowi dan Gibran

Terjunnya Kaesang ke dunia bisnis memang tak jauh-jauh dari perang sang ayah, Joko Widodo, dan kakaknya, Gibran Rakabuming. Kaesang memandang keduanya sebagai mentor.

"Ayah saya adalah pengusaha sebelum terjun ke politik. Kakak saya juga pengusaha. Itulah alasan saya tertarik masuk ke dunia bisnis," ucap Kaesang

Seperti diketahui, Jokowi lebih dahulu berkarir sebagai pengusaha mebel sebelum masuk ke dunia politik hingga menjadi presiden. Jokowi hadir langsung di wisuda Kaesang ini.

Sementara itu, Gibran telah lama berkecimpung di bidang bisnis kuliner. Gibran Rakabuming juga lulus kuliah dari Singapura yaitu Management Development Institute of Singapore pada 2007. [detik.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel