Loading...

Presiden Jokowi: Selamat HUT ke-74 TNI


Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara peringatan HUT ke-74 TNI. Acara tersebut berlangsung di Halim Perdakusuma, Jakarta.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan beragam prestasi yang ditorehkan TNI dalam membangun negeri. Ia juga mengucapkan selamat atas hari jadi TNI.

"Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh TNI," ujar Jokowi di Halim, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Dia menambahkan, bangsa Indonesia menyampaikan penghargaan khusus kepada para prajurit TNI yang gugur saat menjalankan tugas demi tegaknya kedaulatan VKRI.

"Rakyat Indonesia selalu bangga kepada saudara-saudara semua, kepada TNI, yang selalu berada di baris terdepan dalam menjaga NKRI, yang tidak kenal menyerah dalam menjaga kepentingan nasional, serta yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan," ujar Jokowi.

Ia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran TNI, yang selalu sigap membantu rakyat di wilayah yang terdampak bencana termasuk kebakaran hutan. TNI yang selalu aktif menjaga kelancaran dan keamanan Pemilu serentak tahun 2019.

"TNI yang selalu membanggakan dalam penugasan PBB di berbagai penjuru dunia. TNI yang selalu memastikan negara hadir di daerah terpencil, di daerah perbatasan dan di pulau-pulau terdepan Indonesia. TNI yang selalu manunggal dengan rakyat," ujar dia.

Parade Pasukan

Kekuatan pasukan parade dalam HUT TNI ini berjumlah 6.806 personel yang terdiri dari Lambang-Lambang Kesatuan. Kemudian susunan Alutsista Parade terdiri dari Radar Surveillance 2 unit, Turangga 2 unit, Oerlicon 2 unit.

Selain itu, RM 70 Grad 2 unit, MRLS 4 unit, Serpa 2 unit, MPCP Mistral 2 unit, Caesar 4 unit, Atlas Mistral 2 unit, Astros 4 unit, Anoa 8 unit, 2 pesawat Boeing 737, 2 pesawat CN 235, 2 pesawat F 16.

Sementara, demonstrasi keterampilan prajurit terdiri dari kolone senapan, bela diri militer dan tari perang Garuda, terjun payung, demo udara (fly pass, BTU, tempur udara & composite strike, jupiter Aerobatic, Boms Burst).

Pesawat udara yang dikerahkan dalam rangka HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 berjumlah 157 unit. [liputan6.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel