Loading...

Presiden Jokowi: Sampai November Sudah 8,5 Juta Sertifikat Tanah Dibagikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan hingga November 2019, Pemerintah telah membagikan 8,5 juta sertifikat tanah. Pembagian sertifikat tanah itu dibagikan langsung Jokowi di sela-sela kunjungan kerjanya ke berbagai daerah.

"Sampai November 2019 ini sudah 8,5 juta. Saya sendiri kerap menyerahkan langsung sertifikat tanah itu di setiap kunjungan ke daerah," ujarnya di akun instagram @Jokowi seperti dikutip iNews.id, MInggu (24/11/2019).

Jokowi mengatakan, angka pembagian sertifikat tanah terus meningkat setiap tahun. Pada 2017, sertifikat tanah baru yang dibagikan sebanyak lima juta lembar, kemudian naik pada 2018 menjadi sembilan juta lembar.

"Alhamdulillah, sejak tahun 2017, pendaftaran bidang tanah di Indonesia meningkat lebih sepuluh kali lipat," kata mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Setiap tahun, Jokowi menuturkan, Badan Pertanahan hanya bisa menerbitkan 500 ribu sertifikat. Dia mengaku, pernah merasakan menjadi rakyat biasa, yakni sulit dan berbelitnya mengurus sertifikat hak atas tanah.

"Tahu betapa sulit dan berbelitnya mengurus sertifikat hak atas tanah. Kalau masih terus begitu, butuh 160 tahun lagi untuk menyelesaikan semua sertifikat lahan di Indonesia ini," tuturnya.

Jokowi mengingat kembali pada 2014 mendapat laporan ada 126 juta bidang tanah di seluruh Indonesia yang belum besertifikat. "Dari jumlah tersebut, baru 46 juta bidang yang diselesaikan," ujar mantan wali kota Solo ini. [inews.id]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan bawah postingan