Presiden Jokowi Sebut Natsir dan Gus Dur Jadi Teladan soal Toleransi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat Indonesia untuk meneladani sikap toleransi para tokoh bangsa, seperti Pendiri Partai Masyumi Mohammad Natsir dan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Hal tersebut disampaikan Jokowi sampaikan saat memberikan sambutan dalam perayaan Natal Nasional 2019, di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12) malam.

Jokowi mengatakan bahwa para tokoh bangsa telah memberikan keteladanan kepada masyarakat tentang persaudaraan dan persahabatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu lantas mencontohkan persahabatan antara Pendiri Partai Masyumi Mohammad Natsir dengan pendiri Partai Katolik Indonesia Ignatius Joseph Kasimo Hendrowahyono.

"Kita tahu pendiri Masyumi, tokoh Islam terkemuka Mohammad Natsir bersahabat kental dengan Bapak Ignatius Joseph Kasimo, sebagai seorang tokoh Katolik," kata Jokowi.

Jokowi menyebut ketika Hari Raya Natal, Natsir selalu berkunjung ke rumah IJ Kasimo. Hal sebaliknya dilakukan IJ Kasimo ketika Hari Raya Idul Fitri.

"Sekali lagi, ini lah teladan, indahnya di antara dua tokoh bangsa," ujarnya.

Selain kedua tokoh bangsa itu, Jokowi juga mencontohkan persahabatan antara Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dengan Yusuf Bilyarta Mangunwijaya atau dikenal Romo Mangun. Menurutnya, keakraban Gus Dur dengan Romo Mangun juga bisa jadi contoh bagi masyarakat Indonesia.

Mantan wali kota Solo itu menyebut Pancasila bisa diwujudkan oleh para tokoh bangsa itu dalam kehidupan nyata.

"Mereka tidak mempersoalkan perbedaan. Mereka berbeda agama, tapi tetap bersahabat, seperti bersaudara," tuturnya.

Meski demikian, Jokowi menyadari dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara, masyarakat selalu mendapatkan ujian. Menurutnya, dalam momen tertentu ada pihak-pihak yang mencoba mengganggu kedamaian hubungan antar-suku dan agama.

"Tapi saya yakin, saya meyakini dengan semangat persaudaraan dan persahabatan yang kuat kita akan selalu mampu menghadapi semuanya. Saya memiliki keyakinan itu," kata Jokowi. [cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan