Loading...

Diam-diam ke Waduk Pluit, Presiden Jokowi Cek Alat Penanganan Banjir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mendadak meninjau Waduk Pluit, pagi ini. Jokowi ingin memastikan semua alat penanganan banjir yang ada di Waduk tersebut berfungsi secara optimal.

Tiba di lokasi, Jokowi langsung mengecek ke lokasi di mana sejumlah alat berat bersandar di sisi Waduk Pluit.

"Ini (alat) nggak jalan?" tanya Jokowi, seperti dilihat dalam video yang diterima dari Biro Pers Setpres, Jumat (3/1/2020).

"Sedang off dulu Pak," jawab salah seorang operator.

Setelah berdialog sebentar dengan operator alat berat, Jokowi yang datang hanya dengan dikawal oleh Paspampres langsung menuju salah satu rumah pompa Waduk Pluit.

Jokowi kembali berdialog dengan seorang petugas yang berada di lokasi sembari berkeliling rumah pompa. Jokowi memastikan kondisi mesin pompa dalam keadaan baik.

"Bagus, bagus," katanya.

Selain itu, waduk ini dilengkapi dengan pompa yang fungsi utamanya pada saat kondisi banjir dan pasang air laut (rob), yaitu air akan dipompa dari Waduk Pluit ke laut.

Pengoperasian Waduk Pluit berada di bawah tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta. Waduk Pluit selesai dibangun pada 1973, sedangkan pompanya mulai dibangun pada 1978 dan selesai 1984. Rehabilitasi terakhir selesai dilaksanakan pada 2014. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan bawah postingan