Loading...

Dubes China Buka Suara soal Ketegangan dengan RI di Natuna

Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian buka suara mengenai ketegangan Indonesia dan China terkait masalah perairan Natuna. Dia mengatakan hubungan kedua negara masih terjalin dengan baik.

Menurutnya, terkadang masing-masing negara mempunyai pandangan yang berbeda. Tapi dia menjamin hal itu bisa diselesaikan.

"Kami punya hubungan yang sangat baik di banyak area, tapi teman baik kadang punya perspektif yang berbeda. Kami bisa menyelesaikan masalah ini. Kami memiliki komunikasi yang baik dan saya pikir masalah kami akan terselesaikan dengan baik," kata dia di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Dirinya juga memastikan ketegangan yang sedang terjadi antar kedua negara tidak mempengaruhi hubungan perekonomian kedua negara, begitu pun dengan investasi.

"Saya tak berpikir demikian. (Investasi dan hubungan ekonomi Indonesia dan China), Nggak, nggak (terpengaruh)," tambahnya.

Secara terpisah, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menganalogikan hubungan dua negara seperti kakak dan adik yang kadang terjadi gesekan, begitu pula Indonesia dan China.

"Nggak ada tuh, baik-baik saja (hubungan Indonesia dan China) pak dubes ini. Kan kakak beradik kan juga suka juga gesekan," tambahnya.

Sebagai informasi, situasi keamanan di Natuna, Kepulauan Riau, memanas setelah kapal coast guard China menerobos teritorial Indonesia. China mengklaim berhak atas Natuna.

China menampik putusan pengadilan internasional tentang klaim 9 Garis Putus-putus di Laut China Selatan sebagai batas teritorial laut China tidak mempunyai dasar historis. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan bawah postingan