Gelar Ratas Dekat Kapal Selam KRI Cakra 401, Ini Pesan Presiden Jokowi soal Alutsista

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau panel overhaul kapal selam KRI Cakra-401 di hanggar fasilitas produksi kapal selam PT PAL. Setelah itu, Jokowi menggelar rapat terbatas mengenai kebijakan alutsista.

"Rapat terbatas di siang hari ini kita akan bahas mengenai strategi besar ke depan, terhadap industri strategis pertahanan kita yang terutama berkaitan dengan kebijakan pengembangan pengadaan alutsista dan saya ingin memastikan bahwa program pengembangan alutsista betul-betul dapat memperkuat industri pertahanan di negara kita," kata Jokowi saat membuka ratas di kawasan PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1/2020).

Jokowi mengingatkan pentingnya pembenahan industri pertahanan. Dia juga ingin ketersinambungan antara industri komponen.

"Setelah tadi saya melihat bersama-sama kondisi lapangan. Saya ingin mempertegas lagi, mengingatkan lagi bahwa yang pertama kita harus fokus terhadap pembenahan ekosistem industri pertahanan. Baik yang berkaitan dengan fasilitas pembiayaan bagi BUMN klaster industri pertahanan. Kemudian juga ketersambungan dengan industri komponen baik itu komponen pendukung maupun bahan baku," ujar dia.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan jajarannya agar mengurangi ketergantungan terhadap barang impor. Dia pun meminta tata kelola dalam industri pertahanan ini terus dibenahi.

"Kemudian termasuk di dalamnya reformasi supply chain dan pengembangan industri lokal untuk mengurangi ketergantungan kita pada barang-barang impor. Juga yang berkaitan dengan peningkatan efisiensi, pembenahan manajemen tata kelola semuanya," ujar dia. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan