Loading...

Mahfud Md: Kapal China Masih Melintas di Natuna Tapi di luar ZEE

Kapal ikan China dikabarkan masih melintas di sekitar perairan Natuna, Kepulauan Riau. Namun Menko Polhukam, Mahfud Md mengatakan kapal-kapal itu berada di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

"Perkembangannya, (kapal China) masih melintas tetapi sudah di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) kita," ujar Mahfud Md kepada wartawan di Kampus UII Yogyakarta, Jalan Kaliurang KM 14,5, Sleman, Selasa (14/1/2020).

Mahfud mengakui hingga saat ini memang masih ada kapal ikan dari China yang mencoba masuk ke perairan Natuna. Namun, kapal-kapal itu telah berhasil diusir. "Ada yang mencoba masuk, diusir. Sekarang di luar zona," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud mengatakan akan berkunjung ke Natuna. Namun demikian dia belum bisa menyampaikan agenda kunjungannya akan membahas kondisi Natuna terkini atau tidak. Dia menyebut, kunjungannya ke Natuna sebagai kunjungan kerja biasa.

"Natuna kunjungan biasa, untuk program-program biasa seperti kunker ke Yogya, Makassar, Surabaya. Besok ke Natuna, tergantung ada apa. Kalau di sini ada seminar ya seminar, Natuna ada rapat dengan Pemda, ya rapat dengan Pemda," katanya.

TNI juga telah menyatakan kondisi perairan Natuna usai kunjungan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, kini telah kondusif. Sebelumnya pada Jumat (10/1) lalu, tiga kapal perang RI mengusir 30 kapal ikan asing yang masuk ke wilayah ZEE Indonesia. [detik.com]

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan bawah postingan