PDIP: Jokowi Cuma Kangen Ahok, Tak Berniat Menyakiti Perasaan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang absen di acara Imlek Nasional. Ada yang menilai Jokowi kecewa dengan absennya Ahok. PDIP berpendapat lain.

"Bisa kecewa, bisa juga Jokowi kangen ingin bertemu Ahok," kata anggota DPR Fraksi PDIP Andreas Hugo Parerira saat dihubungi, Jumat (31/1/2020).

Andreas tak mempermasalahkan tafsir beragam terkait sentilan Jokowi ke Ahok di acara Imlek Nasional. Namun, bagi dia, Jokowi hanya rindu dengan teman lamanya itu.

"Interpretasi bisa macam-macam. Kalau menurut saya Pak Jokowi kangen ingin ketemu teman lamanya," kata Andreas Pareira.

Sementara itu, anggota DPR F-PDIP lainnya, Hendrawan Supratikno, menilai Jokowi hanya bercanda dengan sahabatnya itu. Jokowi, menurut dia, tak ada niat menyakiti perasaan Ahok.

"Hanya teman dekat yang dalam komunikasinya bisa saling sindir dengan menggunakan diksi-diksi khusus atau gestur-gestur tertentu. Tapi tujuan utamanya bukan untuk menyakiti atau menyinggung perasaan. Lebih sebagai bumbu-bumbu humor apalagi bila disampaikan di depan khalayak ramai," sebut Hendrawan Supratikno.

Hendrawan menilai Ahok memang jarang tampil di depan publik belakangan ini. Dia menduga alasan tertentu dari sikap Ahok ini.

"Memang harus diakui, belakangan Ahok lebih terlihat banyak menahan diri untuk tidak banyak tampil, atau cari panggung. Mungkin ini periode reflektif supaya lebih arif dan bijaksana," sebut Hendrawan.

"Jokowi memang pandai memanfaatkan situasi atau momentum untuk mencairkan suasana. Kuis-kuis yang disampaikan dengan hadiah sepeda juga dimaksudkan untuk lebih dekat dengan audiens, desakralisasi jabatan, lebih tampil sebagai sosok egaliter," imbuh dia.

Sebelumnya, Jokowi beberapa kali menyebut nama Ahok dalam acara Imlek Nasional di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/1). Jokowi pertama-tama menyapa Nathania Purnama yang merupakan putri Ahok dan Veronica Tan. Kemudian, Jokowi menyinggung soal Ahok yang tidak ada dalam acara itu.

"Teman baik saya Pak Ahok. Tapi nggak dateng, setelah jadi Komut Pertamina nggak dateng," ujar Jokowi sambil geleng-geleng kepala sembari tersenyum.

Jokowi juga menyinggung kembali nama Ahok ketika bertemu dengan salah seorang peserta bernama Ang-Joko. Jokowi menyebut wajah yang bersangkutan mirip Ahok. Jokowi sempat mengecek e-KTP milik Joko untuk membuktikan nama asli Joko. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan