Presiden Jokowi Resmikan Underpass Terpanjang di Indonesia 1,3 Km

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Underpass Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo. Underpass itu merupakan terowongan bawah tanah di Indonesia sepanjang 1,3 kilometer.

Jokowi bersama rombongan sampai di Underpass YIA Kulon Progo sekitar pukul 13.54 WIB. Setelahnya Jokowi langsung menuju panggung untuk meresmikan underpass terpanjang tersebut.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim saya dengan memohon rahmat tuhan yang maha esa, dengan ini saya resmikan terowongan underpass Yogyakarta International Airport. Terima kasih," ucap Jokowi disambut tepuk warga, Jumat (31/1/2020).

Setelahnya Jokowi yang mengenakan baju putih lengan panjang dan bercelana hitam menekan tombol sirine sebagai simbol diresmikannya YIA Kulon Progo. Usai melihat underpass singkat, Jokowi meninggalkan lokasi pukul 14.15 WIB.

Sejumlah menteri tampak mendampingi Jokowi. Di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Mensesneg Pratikno, dan Menparekraf Wishnutama Kusubandio. Lalu ada pula Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Basuki menuturkan, Underpass YIA Kulon Progo merupakan terowongan bawah tanah terpanjang di Indonesia. Underpass ini terbagi menjadi dua terowongan dengan panjang 1,3 kilometer dan lebar 7,25 meter.

"Ini merupakan terowongan atau underpass terpanjang di Indonesia, dan kami lengkapi juga (dengan) selain yang biasanya ada, dengan suara peringatan (suara) untuk tetap berhati-hati, nyalakan lampu dan kecepatan 40 Km/jam," tuturnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan