245 WNI Dievakuasi dari China, Menkes Terawan: Semua Sehat!


Pemerintah memberangkatkan tim untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Wuhan, Sabtu (1/2/2020). Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto memastikan, semua WNI yang dievakuasi dalam kondisi sehat dan tidak terkena virus corona.

"Sudah screening dan clearing di sana untuk dipastikan yang kita bawa adalah warga negara Indonesia yang sehat," kata Terawan saat konferensi pers siang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2/2020).

Nantinya, para WNI ini tidak langsung diizinkan kembali ke rumahnya masing-masing. Mereka harus transit untuk dilakukan observasi yang mengacu pada protokol WHO.

"Itu membutuhkan kedisiplinan. Protokol transit observasi ini mengobservasi orang yang sehat, bukan orang yang sakit. Karena itu protokol yang diberikan ya harus dijalankan dengan disiplin oleh semua pihak dan kami akan terus memantau," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengaku sebelumnya sudah mengirimkan tim ke Wuhan untuk melakukan persiapan evakuasi. Tim tersebut juga telah menerapkan serangkaian pemeriksaan kesehatan terhadap WNI yang akan dievakuasi.

Dia menyebut, jumlah WNI yang dijemput sebanyak 245 orang. Adapun tim dari Kemenlu sendiri ada 5 orang yang akan ikut kembali bersama pesawat penjemputan dari Indonesia.

"Yang sudah ada di lapangan dari kemarin, ikut pulang untuk menjalankan protokol kesehatan. Jadi jumlah yang naik dari Wuhan adalah 250," bebernya. [cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan