Dijamu Makan Malam PM Morrison, Jokowi Tulis Pesan Persahabatan RI-Australia


Presiden Joko Widodo (JokowI) menghadiri undangan jamuan makan malam dari perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison. Di buku tamu, Jokowi menuliskan pesan persahabatan.

Jokowi tiba sekitar pukul 18.55 waktu setempat (WS), Minggu (9/2/2020) di The Lodge yang merupakan salah satu kediaman resmi bagi perdana menteri Australia. PM Morrison langsung menyambut Jokowi dengan hangat.

"Persahabatan dekat kita mencerminkan kemitraan jangka panjang antara Indonesia dan Australia. Terima kasih banyak atas keramahan dan sambutan hangatnya," demikian tulisan Jokowi di buku tamu, seperti dalam keterangan pers tertulis.

Presiden Jokowi tampak didampingi Menteri Luar Negeri masing-masing, yaitu Retno Marsudi dan Marise Payne. Mereka tampak berbincang sejenak. Tepat pukul 19.00 waktu setempat jamuan santap malam pun dimulai.

Sebelumnya, Jokowi mengunjungi kawasan Mount Ainslie di Canberra, Australia. Tujuannya untuk melihat dan mempelajari pembangunan Canberra sebagai ibu kota Australia.

"Ya saya banyak bertanya tadi pagi ke Gubernur Jenderal, kemudian bertanya juga ke Perdana Menteri Scott Morrison, kemudian sekarang bertanya juga ke Sally Barnes, CEO-nya National Capital Authority di sini, kita ingin mendapatkan sebuah bayangan seperti apa sebetulnya Kota Canberra, bagaimana dikelola, kemudian dimulainya seperti apa," kata Jokowi seperti dalam keterangan pers usai peninjauan.

Kota Canberra sendiri dibangun pada tahun 1913 dan memiliki penduduk sekitar 400 ribu jiwa. Dari Mount Ainslie yang memiliki ketinggian 843 meter di atas permukaan laut, Jokowi melihat tata kota Canberra sangat baik.

"Saya kira kalau kita lihat tadi tata kotanya sangat bagus sekali dan yang baik-baik akan kita ambil untuk pembangunan ibu kota baru. Baik manajemennya, baik tata kotanya. Saya kira tadi kita lihat gedung-gedung pemerintah tidak ada yang tingginya lebih dari tujuh lantai. Tapi di sisi yang lain, ada juga yang jauh dari area pemerintahan diperbolehkan gedung tinggi-tinggi, di situ sangat bagus," jelasnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan