Disentil Jokowi, Kini 94% Rest Area Tol Trans Jawa Dikuasai UMKM

Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Teten Masduki terus berupaya agar gerai UMKM bisa mendapat prioritas di rest area.

"Dengan kerja sama lintas kementerian, beberapa rest area di Trans Jawa sudah didominasi oleh UMKM," demikian seperti dikutip akun instagram resmi Kemenkopukm, Jakarta, Sabtu (1/2/2020).

Hingga saat ini, 94% rest area Tol Trans Jawa diisi oleh tenant lokal dan UKM. Yang terletak di KM 360B (Tol Batang-Semarang) dengan 52 kios sudah siap 100%, KM 429B (Tol Semarang-Solo) dengan 11 tenant yang siap 100%, KM 519B (Tol Solo-Ngawi) diisi dengan 24 tenant sudah siap 100%, serta KM 726B (Tol Surabaya-Mojokerto) 27 tenant yang hampir selesai.

"Kalau menurut #SobatKUKM, prioritas seperti ini perlu disahkan ke dalam undang-undang, enggak? Kopmin sih berharap hal ini bisa masuk ke dalam #OmnibusLaw agar ke depannya, bukan hanya prioritas di rest area tapi juga di pusat perbelanjaan," tulisnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, dalam pembangunan infrastruktur jalan tol juga harus memperhatikan pertumbuhan UMKM yang didukung dengan pemerintah daerah setempat. Untuk itu, dirinya sempat menitipkan pesan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar tempat-tempat peristirahatan (rest area) lebih banyak diisi oleh produk-produk UMKM.

”Saya titip, jalan tol bukan hanya memperlancar barang, jasa, dan orang, menurunkan biaya logistik. Mengenai rest area, jangan sampai titik yang ada kegiatan ekonomi diisi oleh merek/brand asing, tapi diisi dengan produk makanan dan kerajinan lokal. Saya minta tiap-tiap rest area jualannya jangan McDonald, Kentucky, ataupun Starbuck. Namun sebaliknya, juga memperhatikan produk makanan lokal, seperti gudeg, sate, tahu guling, dan lainnya yang lokal,” katanya.

Badan Pengatur Jalan Tol (BUJT) meminta supaya kelengkapan fasilitas, kebersihan, kerapihan dan komposisi ruang usaha bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diutamakan. Pasalnya, penyediaan ruang usaha di rest area dapat memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi masyarakat sekitar untuk mempromosikan brand dan produk lokal, termasuk kuliner. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan