Panglima TNI Pastikan Natuna Jadi Tempat Observasi WNI dari China

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan wilayah Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) menjadi tempat transit WNI yang dievakuasi dari China karena merebaknya virus corona. Sebanyak 245 orang WNI dari China akan menjalani observasi kesehatan dengan fasilitas yang sudah disiapkan di Natuna.

"TNI mendukung proses pemulangan saudara-saudara kita dari Wuhan menuju Indonesia dengan memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung protokoler kesehatan," ujar Marsekal Hadi dalam jumpa pers pelepasan tim penjemput WNI dari Wuhan, Hubei, China, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2/2020).

Protokol kesehatan yang harus dipenuhi yakni tempat isolasi yang jauh dari penduduk termasuk fasilitas penanganan medis untuk observasi WNI dari China.

"Yang kita harus penuhui kita memiliki tempat isolasi yang jauh dari pendukuk dan yang terbaik dan terpilih adalah wilayah Natuna," ujar Hadi.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi sebelumnya memastikan 245 orang WNI yang akan dievakuasi dari China dalam kondisi sehat. Dalam komunikasi telepon, WNI di China mengaku senang bisa kembali ke Indonesia.

"Jadi semalam berkomunikasi dan terus mendapat laporan bahwa kondisi saudara-saudara kita sehat dan mereka senang akan pulang ke Tanah Air," ujar Retno. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan