Pemerintah Cari Pulau Kosong untuk Bangun RS Khusus Tangani Virus Menular

Menko Polhukam Mahfud Md menyebut pemerintah akan mencari pulau kosong untuk membangun rumah sakit (RS) khusus penanganan pasien menderita penyakit virus menular. Rencana jangka panjang itu, kata Mahfud, akan segera dirapatkan dengan kementerian terkait.

"Nanti akan segera dirapatkan (pembuatan RS). Kita akan cari satu tempat kosong pulau. Kita punya masih banyak, ribuan pulau yang masih kosong. Rencana akan dipilih satu khusus untuk RS, bukan hanya Corona," Kata Mahfud usai rapat koordinasi tingkat menteri membahas penanganan dampak virus Corona di Gedung Binagraha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

Mahfud mengatakan proyek jangka panjang ini perintah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyebut lokasi pulau yang akan dibangun RS khusus ini masih dicari.

"Nanti Presiden minta yang jangka panjang disiapkan RS khusus yang menangani virus-virus menular. Kalau suatu saat ada di situ pusat rehabilitasi, pulaunya ini masih dicari," tuturnya.

Mahfud menegaskan hingga saat ini belum ada warga yang terinfeksi virus Corona di Indonesia. Dia mengatakan 238 WNI yang dipulangkan dari Provinsi Hubei, China, beberapa waktu lalu dalam kondisi sehat.

"Tapi kalau yang sekarang dipastikan Corona ini belum satupun ada orang kena di Indonesia. Tidak mungkin kita membawa orang terkena virus, karena RRT (Republik Rakyat Tiongkok) pun ndak boleh bawa keluar. Jadi yang di Natuna itu orang sehat semua," tegas Mahfud.

Hingga saat ini para WNI itu masih menjalani proses observasi di Natuna. Proses observasi berlangsung selama dua minggu.

"Cuma memang harus ikut prosedur internasional. Karena keluar dari sana harus 14 hari dulu diisolasi di sana, tapi orangnya sehat," ujarnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan