Presiden Jokowi: Virus Corona Bencana Non Alam, Kita Harus Punya Skenario Penanganan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bencana bukan hanya bencana alam. Jokowi mengatakan ada juga bencana non alam seperti bencana virus corona.

"Saya juga perlu ingatkan namanya bahwa yang namanya bencana bukan bencana alam saja ada bencana non alam. Sekarang contohnya kita bisa lihat adanya virus corona. Ini bencana dan harus hati-hati dengan ini," kata Jokowi saat memberi pengarahan di Rakornas Penanggulangan Bencana, di SICC, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Jokowi mengatakan pentingnya skenario dan kecepatan dalam penanganan virus corona sehingga saat bencana non alam itu menyerang tiba-tiba, Indonesia sudah siap dan sigap menangani.

"Kita harus punya skenario kalau itu terjadi. Moga-moga nggak terjadi di negara kita kalau terjadi harus punya skenario apa penyiapan apa di mana dikerjakan apa, step-step itu harus kita miliki karena kalau tidak kita akan tergagap-gagap," tuturnya.

Jokowi kemudian mencontohkan keputusan untuk mengevakuasi 238 WNI dari Wuhan, China. Dia mengatakan keputusan itu diambil secara cepat dan dilaksanakan dengan cepat.

Karena itu, Jokowi pun mengapresiasi semua kepala lembaga hingga kementerian yang terlibat. Termasuk sinergitas antar mereka dalam menghadapi situasi tersebut.

"Saya kemarin saya sampaikan apa adanya dan posisi yang sangat cepat, reaksi dari Kemenlu bersama-sama Kemenkes bersama-sama BNPB dan didukung penuh oleh Panglima TNI dan seluruh jajaran dan Polri dalam mengevakuasi WNI kita yang berada di Provinsi Hubei Wuhan untuk dibawa kembali ke tanah air dalam kecepatan sangat cepat," kata Jokowi.

"Diputuskan cepat, dilaksanakan dengan sangat cepat hal-hal seperti ini yang saya apresiasi. Kecepatan-kecepatan seperti itu," sambung dia. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan