Ini Alasan Pemerintah Tak Terapkan Lockdown dan Memilih Sosial Distancing

Meskipun jumlah pasien positif corona terus meningkat, hingga saat ini pemerintah belum menerapkan lockdown guna menghadapi wabah Covid-19. Lalu apa alasannya?

Tim Pakar Gugas Penanganan Covid Memahami Risiko Corona, Prof Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah Indonesia belum mengambil kebijakan lockdown lantaran khawatir memberikan dampak kepada faktor ekonomi, sosial dan keamanan di daerah.

“Belum diambil karena lockdown itu artinya membatasi wilayah atau daerah dan memiliki implikasi ekonomi, sosial dan keamanan,” ujar Wiku dalam konfrensi pers di akun BNPB, Rabu (18/3/2020)

Menurut Wiku, pemerintah juga memperhatikan masyarakat Indonesia yang mengandalkan upah harian dalam mencari nafkah sehari-hari. Apabila di lockdown, maka akan mengganggu aktifitas ekonomi seperti mereka.

"Dengan lockdown orang di rumah, maka aktifitas ekonomi sulit berjalan dan secara ekonomi itu berbahaya. Oleh karena itu kita belum mengambil ke arah sana," jelasnya.

Mengacu dari itu, kebijakan yang diambil pemerintah Indonesia saat ini adalah menerapkan sosial distancing menjaga jarak dalam rangka menekan curva penyebaran kasus corona.

“Sosial distancing hal yang efektif,” tegas Wiku. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan