Menlu Pastikan Pemerintah Lindungi WNI di Luar Negeri yang Terdampak Corona


Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan pemerintah akan terus memberikan perlindungan kepada warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang terdampak virus corona (Covid-19).

Sebagaimana diketahui, sejumlah negara sudah mengambil kebijakan lockdown. Alhasil, WNI yang tengah berada di sana tak bisa kembali ke Tanah Air.

"Selain menangani Covid-19 pada saat yang sama juga dilakukan perlindungan terhadap WNI yang berada di luar negeri terutama yang sedang melakukan perjalanan di luar karena dengan kebijakan yang diambil berbagai negara baik penghentian penerbangan, lockdown, dan karantina," kata Retno usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan KTT Luar Biasa G20 secara virtual di Istana Bogor, Kamis 26 Maret 2020 malam.

Retno mengatakan, pihaknya akan membantu WNI yang terdampak pandemi Covid-19 tersebut secara maksimal. Terutama, lanjut dia, WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK).

Ia menambahkan, WNI yang bekerja sebagai ABK paling banyak terdampak dari kebijakan penanganan virus corona di luar negeri. Sejauh ini, sambung Retno, pihaknya mencatat sebanyak 1.600 kasus yang dialami WNI karena terdampak dari kebijakan penanganan Covid-19 di luar negeri.

"Sejauh ini lebih dari 1.600 kasus yang dihadapi WNI macam-macam sifatnya yang sudah diberikan bantuan oleh seluruh perwakilan kita di luar," tuturnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan