Pemerintah: Jika Sakit Gejala Influenza Periksa, Jangan Tebak-tebak Sendiri

Pemerintah meminta masyarakat memahami betul penyakit virus Corona (COVID-19). Pemerintah mengimbau masyarakat tidak panik dan memeriksa kesehatannya jika mengalami gejala sakit, seperti influenza.

"Kami berharap masyarakat paham betul tentang penyakit ini, sehingga tidak perlu ada kepanikan. Manakala kemudian merasa dirinya tak enak badan dengan gejala mirip influenza, kita berharap mereka segera mengakses layanan kesehatan untuk berkonsultasi," ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona Achmad Yurianto saat konferensi pers di BNPB, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

"Sudah barang tentu, gunakan masker agar pada saat batuk, saat bersin, tak menyebarkan ke mana-mana. Konsul ke petugas kesehatan terdekat, mulai puskesmas, rumah sakit, dan seterusnya," imbuhnya.

Yuri meminta masyarakat menyerahkan segalanya kepada tenaga medis. Yuri juga meminta masyarakat tak menebak-nebak sendiri tentang penyakit yang diderita.

"Nanti tenaga kesehatan yang akan mampu memeriksa secara lebih detail, bahkan kemudian menentukan pemeriksaan lanjut yang perlu dilakukan. Bisa saja ini disebabkan oleh COVID-19, tapi bisa juga bukan COVID-19. Oleh karena itu, tidak perlu menebak-nebak sendiri, bahwa dirinya adalah sakit COVID-19. Sebaiknya berkonsultasilah. Karena, dengan cara demikian, kita mendapat informasi yang benar, informasi yang tepat, dan kemudian bisa ambil langkah benar, tepat, tanpa ada kepanikan," pungkas Yuri. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan