Pesan Pasien Sembuh Virus Corona: Jangan Panik dan Ikuti Saran Pemerintah

Tiga pasien positif virus Corona (COVID-19) yang telah sembuh memberikan kesaksian mengenai virus itu. Ketiganya merupakan kasus 01-02-03 yang merupakan kasus awal di Indonesia.

"Kalau dari saya sih pesannya untuk masyarakat Indonesia yang sekarang agak panik untuk nggak panik karena virus ini seperti yang Pak Yuri (Achmad Yurianto/Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona) sudah sering sampaikan, yaitu self-limiting disease," kata salah seorang dari mereka dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (16/3/2020).

Dia meminta publik benar-benar menjaga imun tubuh masing-masing. Selain itu, dia meminta masyarakat mengikuti anjuran pemerintah.

"Juga dengarkan saran dari pemerintah kalau memang kita diminta untuk social distance dan pembatasan sosial untuk sementara, ya, kita sebaiknya lakukan sebaik-baik mungkin," kata dia.

Selain itu, dia menyebut kondisinya selama isolasi baik-baik saja. Namun hal itulah yang menurutnya berbahaya karena dapat menularkan ke orang lain yang sistem imunnya kurang baik.

"Dan satu lagi untuk kasus saya yang dinyatakan positif tapi tidak mempunyai tanda-tanda gejala apa pun itu sebenarnya lebih bahaya karena kita bisa saja melaksanakan aktivitas sehari-hari tanpa tahu kita menularkan ke orang-orang yang imunnya dan kesehatannya lebih lemah daripada kita dan itu efeknya lebih parah," kata dia. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan