Saat Presiden Jokowi Salam Namaste ke Peserta Munas HKTI di Istana

Ada pemandangan berbeda saat Presiden Jokowi selepas membuka Munas IX Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Istana. Jokowi tidak melakukan jabat tangan kepada peserta.

Pembukaan Munas IX ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020). Seusai memukul gong, Jokowi masih terlihat berjabat tangan dengan Ketum HKTI Moeldoko, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang mendampingi Jokowi.

Jokowi pun biasanya meladeni berjabat tangan dengan peserta lainnya. Namun kali ini, Jokowi memiliki salam yang berbeda.

Salam yang dilakukan Jokowi adalah salam namaste. Kedua telapak tangan diimpitkan dan diayunkan ke lawan bicara.

Terlepas dari salam namaste, Moeldoko yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan menilai tren salam siku antar-pejabat dunia menyusul adanya wabah virus Corona sesuatu yang bagus. Moeldoko mengaku sudah menerapkan salam siku.

"Ya saya pikir itu cara bagus karena intinya kita sama-sama tidak tahu kalau memasuki area. Kalau salaman ada risiko, tapi kalau dengan cara-cara begini nggak ada yang tersinggung walaupun agak lucu-lucuan, tapi itu bagus," ujar Moeldoko di di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (12/3). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan