6 Program Selamatkan UMKM dari Kebangkrutan, Termasuk Penghapusan Pajak

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, ada enam program utama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19.

Program tersebut telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada rapat terbatas (Ratas) terkait program mitigasi dampak Covid-19 terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hari ini.

"Pertama, stimulus relaksasi kredit cicilan dan bunganya selama 6 bulan untuk penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR), maupun juga penerima kredit ultra mikro di bawah 10 juta disalurkan lewat LPDB, PNM, Program Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM), Mekaar dan lewat ventura serta melalui pegadaian," ujar dia pada telekonferensi BNPB, Rabu (15/4/2020).

Kemudian, lanjut dia, kedua, pemerintah ingin memberikan suntikan pembiayaan baru, kredit baru khususnya ultra mikro dengan menggunakan seluruh penyaluran kredit melalui kur, yang diperluas lewat berbagai saluran lewat BLU pemerintah, koperasi simpan pinjam, BPR maupun BMT.

"Ketiga yaitu penghapusan pajak untuk UMKM," ungkap dia.

Lalu, tutur dia, ada, perluasan bansos untuk ultra mikro yang tidak bisa lagi berusaha, termasuk kartu prakerja dan program lain stimulus ekonomi adalah memberikan stimulus daya beli UMKM

"Terakhir saya kira program integrasi kartu sembako murah dengan pelibatan warung-warung tradisional," tandas dia. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan