Buat Kebijakan Selamatkan UMKM, Jokowi Disebut Tetap Dukung Rakyat Kecil

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan sejumlah kebijakan ekonomi di tengah pandemi Corona Covid-19 di Indonesia.

Tak hanya itu, Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Teten Masduki juga mengatakan, ada enam program utama yang sudah disetujui oleh Presiden Jokowi dalam rapat terbatas terkait program mitigasi dampak Covid- 19 terhadap UMKM.

Keenam program itu adalah stimulus relaksasi kredit cicilan dan bunganya selama 6 bulan untuk penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun juga penerima kredit ultra mikro di bawah 10 juta disalurkan lewat LPDB, PNM, Program Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM), Mekaar dan lewat ventura serta melalui Pegadaian.

Langkah kebijakan ekonomi itu didukung dan disambut baik oleh Ketua Dewan Pembina UMKM Rizayati. Menurutnya, kebijakan itu merupakan upaya pemerintah untuk menyelamatkan jutaan pelaku UMKM diseluruh Indonesia dari dampak pandemi Corona Covid-19.

"Alhamdulillah, ini bentuk nyata keberpihakan Pak Jokowi kepada rakyat kecil, di mana, 70 persennya adalah pelaku UMKM yang mampu menyerap 97 persen tenaga kerja," kata Rizayati melalui keterangan tertulisnya, Kamis (16/4/2020).

Dia pun mengimbau kepada para pelaku UMKM di seluruh Indonesia agar dapat menggunakan kebijakan pemerintah tersebut dengan sebaik-baiknya. Hal itu guna usaha kecil mereka tetap menggeliat di tengah pandemi Corona Covid-19.

"Saya serukan kepada pelaku UMKM diseluruh Indonesia untuk betul-betul memaksimalkan program ini, terlebih lagi Pak Jokowi telah menginstruksikan kepada jajaranya agar relaksasi ini dipercepat, jangan tunggu sampai UMKM mati dulu, baru diberikan. Begitu perhatiannya Presiden Jokowi kepada UMKM," papar Rizayati.

Imbau Masyarakat Jalankan Kebijakan Pemerintah

Tak hanya itu, Rizayati juga mengimbau agar orang-orang tetap menjalankan dan mendukung kebijakan pemerintah. Terutama, kata dia, terkait upaya penyelamatan UMKM.

"Stop nyinyir Pak Jokowi. Kebijakan pemerintah saat ini adalah satu-satunya imun untuk menyelamatkan UMKM dari dampak pandemi Covid-19. Ingat, UMKM adalah cara mayoritas rakyat kecil untuk mencari nafkah bagi keluarganya," tegas Rizayati. [liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan