Cara Presiden Jokowi Selamatkan Warung Tradisional


Penyaluran bantuan sosial seperti kartu sembako di harapan juga bisa membantu pelaku UMKM khususnya warung tradisional bertahan hidup. Mereka akan diikutsertakan dalam penyaluran bantuan sembako dari pemerintah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan agar pelaku UMKM dimasukan dalam skema penyaluran bantuan sosial terutama yang berkaitan dengan paket sembako. Untuk itu dia minta agar kegiatan usaha UMKM tidak boleh dipaksa untuk tutup.

"Saya minta untuk usaha mikro UMKM diberikan peluang terus untuk berproduksi. Terutama di sektor pertanian, di sektor-sektor industri rumah tangga, serta warung-warung tradisional dan sektor makanan dengan protokol kesehatan yang ketat," tuturnya saat membuka ratas, Rabu (15/4/2020).

Baca juga: Kapan Stimulus Lanjutan untuk Dunia Usaha Dirilis?
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki usai mengikuti ratas menjelaskan pemerintah akan mengintegrasikan UMKM seperti warung tradisional sebagai penyalur sembako.

"Warung-warung sembako ini bisa tetap bertahan, bisa tetap punya penghasilan sebagai penyalur sembako. Ini bukan gratis," tuturnya.

Teten mencontohkan nantinya melalui program kartu sembako, bantuan yang disalurkan bisa dibelikan di warung-warung tradisional. Dengan begitu pengusaha warung juga masih bisa mendapatkan keuntungan.

"Kan bansos itu begitu besar untuk masyarakat, sehingga bisa meningkatkan daya beli. Kita harapkan warung-warung sembako dan tradisional ini bisa menarik manfaat dari program jaminan sosial dan kartu sembako," tutupnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan