Mensos Serahkan Bantuan Sosial Tunai ke Warga Kabupaten Tangerang

Sebanyak 799 warga Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, mulai menerima Bantuan Sosial Tunai (BST), dari Kementerian Sosial (Kemensos). Bantuan berupa uang Rp 600 ribu tersebut, diberikan kepada keluarga terdampak virus Corona atau Covid-19.

"Bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, atau rentan yang terkena dampak Wabah Covid-19," kata Menteri Sosial Juliari P Batubara, di Kantor Pos Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (25/4/2020).

Mensos juga menerangkan, bantuan tunai tersebut, diberikan bertahap kepada keluarga rentan, dengan cara transfer bagi pemilik rekening di bank milik negara atau Himpunan Bank Negara.

"Untuk yang tidak memiliki rekening di Bank Himbara, maka penyaluran ke masyarakat diberikan melalui PT POS," kata dia.

Juliari mengungkapkan, Bantuan Sosial Tunai (BST) ini akan disalurkan kepada sembilan juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan nilai bantuan sebesar Rp600.000 per KPM per bulan. Dengan pemberian secara bertahap selama tiga bulan, hingga Juni mendatang.

Menurutnya, BST ini dilaksanakan di seluruh Indonesia, kecuali Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi.

"Pengecualian dilakukan karena pada beberapa lokasi tersebut sudah diberikan Bantuan Sosial Sembako oleh Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial," kata dia

Sementara untuk Provinsi Banten sendiri, jumlah penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) berjumlah 343.269 KPM, yang tersebar di 6 Kabupaten Kota. Termasuk diantaranya, Kabupaten Tangerang dengan jumlah KPM 102.727 KPM.

"Untuk kecamatan Curug ini sejumlah 799 KPM tersebar pada 7 desa dan kelurahan," kata Mensos Juliari.

Tengok tetangga kanan kiri

Dia menekankan, BST tersebut, hanya diberikan kepada KPM yang sebelumnya, tidak pernah menerima bantuan sosial lainnya, baik dari Pemerintah Kota/Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi.

"Jadi bapak Ibu, kalau sekarang sudah menerima PKH, BPNT atau lainnya, tengok tetangga kanan-kiri. Apakah dia sudah dapat bantuan, kalau belum. Cobalah ikhlas untuk berbagi," kata Juliari.

Sementara, ditemui di tempat yang sama, Bupati Tangerang Zaki Iskandar, berterima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada masyarakat Kabupaten Tangerang.

Dia mengaku, warga Kabupaten Tangerang, sangat merasakan dampak dari adanya Pandemi Covid-19 yang kini melanda hampir seluruh negara.

"Terima kasih saya ucapkan Kepada Bapak Menteri Sosial, pemberian di bulan baik ini, mudah-mudahan menjadi kebaikan bagi kita semua dan semoga wabah ini cepat selesai," katanya. [liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan