Pemerintah Salurkan Rp596 Miliar untuk Peserta Program Kartu Prakerja Gelombang I


Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menyebut bahwa pihaknya telah mentransfer dana sebesar Rp596 miliar untuk penerima manfaat program kartu Prakerja gelombang pertama. Dari jumlah tersebut sebanyak 168.111 peserta akan menerima manfaat senilai Rp3,55 juta per orang.

"Total 168.111 peserga dikali Rp3,55 juta, itu kita telah transfer sebesar Rp596,794 miliar untuk satu gelombang," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu, (22/4)

Dia mengatakan, alokasi anggaran yang dikeluarkan dalam program kartu Prakerja berbeda dengan model-model pembiayaan pelatihan di kementerian lembaga lainnya. Sebab dalam program kartu Prakerja masyarakat diberi modal untuk belanja sesuai kebutuhannya sendiri.

"Beda dengan APBN, pemerintah kontrak lembaga pelatihan. Itu pake pengadaan barang jasa itu lelang penunjukan. Tapi kartu Prakerja gak ada pengadaan barang jasa atau lelang. Karena kami berikan uang ke masyarakat. Masyarakat yang belanja. Ini perbedaan pendekatan," tandas dia.

Peserta Lolos

Sebelumnya, Denni mencatat sebanyak 168.111 orang berhasil lolos seleksi penerima program kartu Prakerja gelombang pertama. Saat ini, pihaknya tengah menyelesaikan proses transfer ke rekening virtual account para peserta.

Nantinya, setiap peserta akan mendapat paket manfaat senilai Rp3,55 juta. Adapun paket bantuan tersebut terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta dan insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan untuk empat bulan, serta insentif survei kebekerjaan dengan total Rp150.000.

"Sebanyak 168.111 peserta yang telah join ke gelombang pertama yang ditetapkan penerima program kartu Prakerja. Saat ini sedang berlangsung proses transfer ke rekening virtual account dari 168.111 peserta tersebut," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu (22/4).

Deni mengatakan, proses pencairan dana ke peserta akan selesai pada hari ini dan memakan waktu hingga 3-5 jam. Para peserta juga nantinya akan menerima notifikasi SMS pemberitahuan bahwasanya telah menerima manfaat program kartu Prakerja. [merdeka.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan