Presiden Korsel Telepon Jokowi, Yakin Indonesia Segera Atasi Wabah Corona

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menelepon Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk memberi dukungan terkait penanganan Corona (COVID-19). Presiden Moon yakin Indonesia pasti bisa melewati wabah ini.

Percakapan Jokowi dengan Presiden Moon ini diungkapkan oleh Juru Bicara Kantor Kepresidenan Cheongwadae Kang Min-seok. Pernyataan tertulis berbahasa Korea tersebut diterjemahkan oleh Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia dan diunggah melalui akun Instagram kedutaan.

"Atas permintaan dari Presiden Joko Widodo, Republik Indonesia, Presiden Moon Jae-in dan Presiden Jokowi telah melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon pada 21 April 2020. Pembicaraan tersebut selama 20 menit dari pukul 15.25 sore," kata Jubir Kang Min-seok dalam keterangannya, Rabu (22/4).

Dia mengungkapkan, dalam pembicaraan tersebut Jokowi menyampaikan apresiasinya terhadap Korsel yang dianggap sukses menangani masalah wabah Corona. Jokowi juga ingin belajar dari pengalaman Korea tersebut.

"Presiden Jokowi menyampaikan rasa hormat yang mendalam kepada Republik Korea yang sukses menangani pencegahan penyebaran COVID-19 di dalam negeri. Beliau juga menyampaikan keinginannya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengalaman Republik Korea tersebut," ujarnya.

Selain itu, dia menyampaikan bahwa Presiden Moon yakin bahwa Indonesia telah berusaha keras mengatasi wabah ini. Presiden Moon yakin Indonesia akan bisa melewati wabah ini.

"Saya mendengar Indonesia sedang mengalami lonjakan kasus terinfeksi wabah COVID-19 dan kematian sehingga Pemerintah Indonesia mengerahkan segala upaya untuk mengatasinya, salah satunya dengan menetapkan status bencana negara. Saya yakin Indonesia akan segera mengatasi wabah COVID-19 ini dengan kerja sama yang baik antara Pemerintah dan rakyatnya di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi," ujar Presiden Moon sebagaimana dikutip oleh Jubir Kang Min-seok.

Di akhir pembicaraan, dia mengatakan bahwa Presiden Moon mengutip sebuah peribahasa Indonesia. "Sebelum mengakhiri pembicaraan telepon kali ini, Presiden Moon mengutip sebuah peribahasa Indonesia yang berbunyi, 'Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul'," pungkasnya.

Sebelumnya, Korea Selatan telah memberikan bantuan alat kesehatan untuk Indonesia. Mulai dari alat tes virus corona, APD, hingga alat penyemprot disinfektan bertenaga listrik.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bantuan ini sepenuhnya diberikan dalam bentuk barang senilai US$ 500 ribu atau berkisar Rp 8 miliar.

"Kami juga berterima kasih kepada Pemerintah Korsel yang telah memutuskan memberi bantuan dalam bentuk in-kind kepada Pemerintah Indonesia senilai US$ 500 ribu guna mendukung upaya kami memerangi wabah Covid-19," kata Airlangga lewat keterangan resminya, Senin (6/4/2020). [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan