Shinzo Abe Telepon Jokowi, Beri Rp 217 M Perangi Corona


Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mengirimkan siaran pers resmi terkait hasil percakapan telewicara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Pembicaraan keduanya dilakukan pada Kamis (23/4/2020) selama kurang lebih 20 menit mulai pukul 12:15 WIB.

Keduanya membicarakan berbagai hal mulai dari bantuan kepada Indonesia untuk menangani wabah COVID-19 senilai US$14,5 juta (Rp 217 miliar dengan asumsi kurs US$ 1 setara dengan Rp 15.000), hingga penyampaian bela sungkawa atas wafatnya almarhumah Ibunda Presiden Joko Widodo.

Berikut poin pembicaraan Jokowi dengan Shinzo Abe seperti tertuang dalam siaran persnya, yang dikutip Jumat (24/4/2020):

1. Pada awal pembicaraan, Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Jepang atas bantuan selama ini termasuk kerjasama dalam proses evakuasi awak Indonesia di kapal pesiar Diamond Princess dan penanganan wabah Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Perdana Menteri Abe menyampaikan rasa bela sungkawa atas wafatnya almarhumah Ibunda Presiden Joko Widodo. Selain itu, Perdana Menteri Abe juga menyampaikan rasa hormat kepada Presiden Joko Widodo karena rakyat Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, sedang bersatu memerangi wabah Covid-19.

2. Selanjutnya Perdana Menteri Abe menjelaskan upaya-upaya yang diambil Pemerintah Jepang untuk mengatasi wabah Covid-19 serta mengatakan bahwa Pemerintah Jepang telah memberi bantuan teknis kepada tenaga medis Indonesia serta bantuan material terhadap sarana medis di Indonesia melalui organisasi internasional termasuk WHO dan UNICEF. Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa terima kasih.

3. Dalam kesempatan ini, Perdana Menteri Abe juga meminta kerjasama Presiden Joko Widodo untuk memastikan keamanan dan perlindungan warga negara Jepang yang berdomisili di Indonesia serta stabilitas operasional perusahaan Jepang. Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan kesediaan untuk bekerjasamanya.

4. Selain itu Perdana Menteri Abe juga meminta kerja sama agar peralatan medis termasuk gaun medis dapat diekspor ke Jepang secara stabil.

5. Kedua belah pihak memastikan bahwa penanganan wabah Covid-19 merupakan tantangan utama dan menyepakati akan berkolaborasi erat untuk mengatasi kesulitan ini bersama. [cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan