Ajak Berdikari Hadapi Corona, Presiden Jokowi: RI Sudah Kembangkan PCR Test-Ventilator

Dunia menghadapi situasi sulit di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak bangsa Indonesia berdiri di atas kaki sendiri menangani virus Corona.

"Dalam kondisi seperti ini, kita harus mampu bertumpu kekuatan kita sendiri, berdiri di atas kaki sendiri. Kita harus mampu menyelesaikan masalah dan tantangan sendiri, tantangan di bidang kesehatan maupun tantangan di bidang sosial ekonomi," ujar Jokowi saat meresmikan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (14/5/2020).

Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki banyak karya yang dihasilkan yang lahir dari tangan bangsanya sendiri. Terlebih di saat pandemi virus Corona, kata Jokowi, bangsa Indonesia tetap dapat berinovasi.

Jokowi memamerkan alat kesehatan buatan dalam negeri untuk penanganan virus Corona seperti PCR test kit, rapid diagnostic test, hingga mobile bio safety level (BSL) 2.

"Pandemi tidak menghalangi kita untuk berkreasi. Keterbatasan justru mendorong kita tetap berinovasi, bertransformasi, menggali potensi diri dan menciptakan peluang-peluang. Di bidang kesehatan, untuk mempercepat penanganan COVID-19, kita telah berhasil mengembangkan PCR test kit, rapid diagnostic test atau RDT, kemudian ventilator dan mobile BSL 2," ujar Jokowi.

Jokowi berharap alat-alat tersebut sudah diproduksi massal akhir Mei 2020. Sehingga, Indonesia tidak bergantung dari barang-barang impor.

"Kita harapkan pada akhir Mei ini semua invoasi tersebut sudah bisa diproduksi massal sehingga kita tidak tergantung lagi kepada produk-produk impor dari negara lain," ucapnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan