BLT Dana Desa Rp600.000/Bulan Juga Menyasar Penderita Sakit Kronis

Sasaran penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa bertambah. Dana BLT yang diberikan adalah sebesar Rp600.000 per bulan untuk tiga bulan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan, sasaran penerima BLT dari dana desa adalah warga miskin yang kehilangan mata pencaharian akibat covid19.

Selain itu, penerima BLT ini belum mendapat bantuan apapun dari jaring pengaman sosial pemerintah yang ada.

"Ditambahkan sasarannya yakni keluarga yang memiliki rentan penyakit menahun atau sakit kronis," kata dia dilansir dari laman Kemendesa, Senin (11/5/2020).

"Ini kita tambahkan karena adanya kedekatan covid dengan penyakit menahun," tambah dia.

Dia menjelaskan bahwa penggunaan dana desa untuk BLT tersebut merupakan arahan dari Presiden. Sebelumnya, Penggunaan dana desa diprioritaskan untuk Jaring Pengaman Sosial bidang kesehatan dan ketahanan ekonomi.

"Semula untuk bidang kesehatan dalam bentuk desa tanggap covid 19 yang didalamnya mengatur pembentukan relawan desa lawan covid 19 dan dana desa untuk ketahanan ekonomi dalam bentuk padat karya tunai desa. Atas perintah presiden, akhirnya dana desa di realokasi digunakan untuk BLT. Karena itu kita lakukan revisi Permendes. Dari permendes nomor 11 menjadi permendes nomor 6 tahun 2020," katanya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan