Ibu-Ibu di Surabaya Punya Cara Unik Bantu Tetangga di Masa Pandemi Covid-19

Warga Medayu Utara, Surabaya, Jawa Timur (Jatim) memiliki cara beda membantu orang lain saat wabah Covid-19. Secara swadaya, mereka mengumpulkan bahan makanan pada pagi hari lalu membungkusnya dengan kantong plastik. Selanjutnya mereka menggantung bahan makanan di pinggir jalan dan di pagar rumah supaya dapat diambil orang yang membutuhkan secara gratis.

Sejak pukul 06.30 WIB, ibu-ibu di RW12 Medayu Utara, Surabaya ini sudah mulai mengumpulkan bahan makanan yang akan disumbangkan. Biasanya berupa bahan mentah seperti beras, mi instan, sayur, sarden, bumbu dapur hingga kerupuk.

Menurut Ketua RW 12, Suyanto, program yang diberi nama Aksi Jogo Tonggo ini merupakan salah satu cara yang ditempuh warga untuk saling membantu. Dia berharap tidak ada warga yang sampai tidak dapat memasak dan makan di situasi pandemi Covid-19.

“Rasa peduli kami yang mendorong ada aksi Jogo Tonggo ini,” katanya.

Salah satu warga, Agnes, mengaku terbantu dengan adanya aksi tersebut. “Saya tidak punya uang, jadi merasa terbantu dengan adanya aksi ini,” katanya.

Warga yang lain, Sundari juga merasakan manfaat dari aksi tersebut. Dia mengaku kondisi ekonomi saat ini membuatnya kesulitan. “Ekonomi sekarang bikin sulit,” katanya.

Rencananya, aksi ini akan terus dilakukan selama pandemi Covid-19. [inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan