Menag: Covid-19 Tidak Boleh Kurangi Kegembiraan Kita Rayakan Idul Fitri

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan pandemi Covid-19 jangan sampai mengurangi kegembiraan umat Islam dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Silaturahmi dengan kerabat jauh masih bisa dilakukan walau tanpa mudik.

"Covid-19 tidak boleh mengurangi kegembiraan kita dalam merayakan kemenangan," kata Fachrul Razi melalui teleconference di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Fachrul menilai tak perlu untuk bertemu fisik langsung untuk silaturahmi saat Labaran 2020 yang berisiko besar terpapar virus corona. Silaturahmi bisa dilakukan lewat media sosial. "Jangan mudik saya garis bawahi," ujarnya.

Menag juga meminta agar umat Islam melakukan takbir di rumah saja. Selain itu, masjid dan musala juga diminta untuk menggaungkan takbir melalui pengeras suara tanpa mengumpulkan jamaah.

Fachrul juga mengajak umat Islam menggelar Salat Id di rumah saja. Menurut dia, Salat Id bisa dilaksanakan bersama keluarga inti di kediamanan masing-masing.

"Kemudian, Salat Id di rumah saja sebaiknya tidak ditinggalkan, bersama keluarga inti. Kemudian Lebaran di rumah saja. Kita silaturahmi kita lakukan via medsos dengan mentaati betul protokol kesehatan," tandasnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan