Pemerintah Bicara soal Program Trisula untuk Lawan COVID-19

Pemerintah menetapkan 3 program utama dalam menangani pandemi virus corona baru (COVID-19). Pemerintah menyebutnya sebagai Program Panah Trisula.

"Pemerintah sejak awal menetapkan 3 ujung tombak mengatasi COVID-19 ini. Saya ibaratkan ada 3 trisula, 3 ujung tombak," ujar Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi video lewat saluran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/5/2020).

Muhadjir menjelaskan ujung panah trisula yang pertama dan berada di ujung panah tengah adalah aspek kesehatan. Muhadjir mengatakan ini yang terpenting karena langsung berhadapan dengan COVID-19.

"Yaitu bagaimana membatasi penularan, memperkecil penyebaran dan segera mempercepat penyelesaian COVID-19. Ujung tombaknya di sektor kesehatan," tambahnya.

Penanggung jawab dari ujung tombak ini adalah BNPB dan Kementerian Kesehatan. BNPB kata Muhadjir, mengurus hal terkait sarana dan prasarana untuk mengatasi virus ini, sementara Kementerian Kesehatan terkait hal teknis seperti tracing, perawatan dan pengobatan.

Muhadjir melanjutkan ujung tombak lainnya adalah terkait dengan jaring pengaman sosial dan survivabilitas ekonomi yang dimaksudkan agar penguatan ekonomi jaringan kecil agar tetap bisa bertahan.

"Jaring pengaman sosial untuk mengatasi darurat sosial kemasyarakatan sebagai dampak dari COVID-19. Penanggung jawabnya Mensos dan Mendes PDTT," ujarnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan