Pemkot Denpasar Salurkan Bantuan Tunai untuk 4.760 Keluarga Miskin Terdampak Covid-19

Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, Bali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa. Bantuan diberikan kepada 4.760 keluarga kategori miskin yang terdampak Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkot Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana keluarga yang berhak menerima bantuan ini yaitu keluarga miskin, keluarga yang kehilangan mata pencahariannya, atau keluarga yang tidak mampu menopang perekonomian keluarganya karena terdampak Covid-19.

Namun saat ini BLT tersebut masih dalam proses pencairan dan pembuatan buku tabungan bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali. Karena itu BLT baru diserahkan secara simbolis kepada 47 keluarga miskin di Desa Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat.

"Karena masih dalam proses pencairan dan pembuatan buku tabungan sehingga BLT-DD baru tersalurkan secara langsung kepada masyarakat sebanyak 47 KK di Desa Tegal Harum," ujar Wiradana di Denpasar, Senin (11/5/2020).

Dia memastikan, untuk keluarga lainnya akan dituntaskan dalam pekan ini. Saat ini BPD sedang mempercepat pembuatan buku agar tidak terjadi keterlambatan dalam proses penyaluran bantuan.

Terkait bantuan itu, dia menjamin tidak akan ada potongan dari Bank. Tiap keluarga akan mendapat bantuan sebanyak Rp600.000 setiap bulan selama tiga bulan terhitung dari bulan April hingga Juni 2020.

"Bantuan BLT-DD merupakan dana yang disalurkan ke masyarakat melalui rekening buku tabungan sehingga tidak ada pemotongan," katanya.

Dia menambahkan, penyerahan bantuan disaksikan aparat desa dan relawan secara langsung. Hal itu dilakukan untuk memperoleh data yang akurat dan tidak terjadinya tumpang tindih pemberian bantuan.

Kemudian, kepala desa di masing-masing wilayah juga diminta menempelkan daftar penerima atau mengumumkan warganya yang mendapatkan bantuan.

"Dengan cara itu akan tercipta transparan bantuan yang diberikan, sehingga masyarakat lainnya benar-benar mengatahui bantuan tersalur kepada siapa saja," ujarnya.

Seorang warga penerima BLT, yakni Ni Ketut Rengkug mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar. Menurutnya, bantuan yang dia peroleh sangat membantu, mengingat dirinya tidak memiliki pemasukan karena sejak lama mengalami sakit kronis.

"Bantuan ini sangat membantu saya untuk bertahan hidup maupun untuk berobat," ucapnya. [inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan