Penasaran Sama Masker Jokowi? Ternyata Belinya di Sini

Pandemi virus Corona memaksa semua orang harus mengenakan masker, tak terkecuali Presiden Joko (Widodo). Orang nomor 1 di Indonesia itu selalu tampil menggunakan masker setiap kali tampil di luar.

Jokowi beberapa kali terlihat mengenakan masker kain. Ternyata Jokowi membeli masker di UKM produsen batik tulis asal Semarang yang tengah beralih memproduksi masker kain.

Hal itu terungkap ketika Jokowi tengah berdialog secara virtual dengan pengusaha batik kultur asal Semarang, Dea Valencia. Mereka berdialog dalam acara Kampanye Nasional 'Bangga Buatan Indonesia', Kamis (14/5/2020).

"Batik tulis ya?" tanya Jokowi saat membuka dialog.

Dea menjawab bahwa produknya adalah batik tulis handmade. Jokowi pun kembali bertanya tentang kisah bisnisnya yang sukses bertahan di tengah pandemi.

"Jujur Pak masa pandemi ini merupakan tantangan terbesar yang saya hadapi. Awalnya sempat bingung mengingat dibalik Batik Kultur ada lebih 100 karyawan, di mana 50% warga difabel. Awal maret saat mendengar dari suami saya tentang kelangkaan masker medis, kita mulai produksi masker kain," terangnya.

Sejak saat itu sampai hari ini sudah sekitar 100 ribu masker kain yang diproduksi dan dijualnya secara online. Sebagian juga disalurkan secara gratis kepada pekerja harian yang membutuhkan.

"Baru minggu lalu saya meluncurkan seri baru dengan merek Kultur Mask dan puji tahun stok kami terjual kurang dari 24 jam lewat e-commerce. Dari sini saya mempelajari bahwa daya beli customer masih ada, tapi kebutuhan dan cara belinya yang berubah. Maka menurut saya kita sebagai pengusaha harus berusaha berinovasi dan beradaptasi dengan dunia digital, dan bisa bersahabat dengan new normal ini," terangnya.

Setelah mendengar cerita itu, Jokowi mengaku ternyata dia membeli masker kain milik Dea. "Jadi dari batik tulis geser ke masker. Kemarin saya beli maskernya," tuturnya

Mendengar itu, Dea kembali mempromosikan masker kainnya. Dirinya saat ini tengah memproduksi kain bertemakan hari kemerdekaan dengan warna merah-putih.

"Yang merah putih bagus. Saya kira ini bisa ditiru untuk gunakan platform digital untuk menjual dan menggeser ke produksi masker yang permintaannya meningkat tajam, sukses," tutup Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan