Penyaluran BLT Dana Desa Tahap Pertama di Trenggalek Sudah 100 Persen

Pemkab Trenggalek memastikan penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahap pertama di Bulan April telah 100 persen. Yakni di 152 desa.

"Alhamdulillah sudah tuntas 100 persen hari ini. Tadi terakhir penyaluran di beberapa desa di Kecamatan Pogalan dan Dongko," kata Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin, Jumat (15/5/2020).

Pada periode pertama ini jumlah anggaran yang telah tersalurkan mencapai lebih dari Rp 4,09 miliar, dengan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 6.817 kepala keluarga (KK). Masing-masing desa memiliki jumlah penerima berbeda-beda, tergantung kepadatan penduduk dan kondisi perekonomiannya.

Arifin mengklaim penyaluran BLT-DD di Trenggalek tergolong cepat. Bahkan pihaknya mendapatkan apresiasi dari Kementerian Desa PDTT serta Gubernur Jawa Timur.

"Hari ini tadi kami video conference dengan Kementerian Desa dan Gubernur Jatim terkait penyelesaian penyaluran BLT ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk mempercepat distribusi bantuan, pihaknya mendapatkan dukungan penuh dari Forkopimda. Sehingga perangkat desa tidak ragu dalam penyalurannya. Di sisi lain, kemudahan penyaluran BLT-DD juga didukung adanya aturan yang memperbolehkan pemberian secara tunai.

"Juga kepala desa kita geraknya simultan, tidak menunggu data 100 persen baik dulu, yang penting dananya ada, datanya ada, diturunkan sambil dikoreksi. Kalau nunggu data sempurna, Corona-nya selesai tidak bagi-bagi bansos kita, tidak bisa bantu masyarakat," jelasnya.

Selain BLT-DD tahap pertama, saat ini di beberapa desa bahkan telah menyalurkan bantuan untuk tahap kedua atau periode Mei. Pihaknya menargetkan penyaluran tahap kedua akan tuntas usai lebaran mendatang. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan