Presiden Jokowi Apresiasi Eijkman Punya 7 Urutan Genom untuk Vaksin Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat optimistis dengan perkembangan produk riset dan inovasi dalam negeri. Jokowi juga mengapresiasi salah satu produk riset dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dalam menemukan genome untuk pengembangan vaksin COVID-19.

"Dari yang saya lihat kemarin, saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya bisa impor dan sekarang ini kita bisa mandiri dan kia bisa memproduksinya sendiri," uajr Jokowi saat menghadiri peluncuran Produk Riset, Teknologi dan Inovasi untuk Percepatan, Penanganan COVID-19 yang disiarkan melalaui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/5/2020).

Jokowi menyebut Eijkman telah mampu menemukan 7 genom untuk pengembangan vaksin Virus Corona. Jokowi pun mengapresiasi dan sangat senang atas temuan itu.

"Lebih dari itu kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri. Saya gembira lembaga Eijkman sudah mendapatkan dari mengenai 7 urutan genom lengkap virus yang sangat berguna untuk pengambangan vaksin," katanya.

Selain itu, Jokowi juga mendengar komunitas peneliti terus bekerja sama untuk menemukan obat virus Corona serta terapi dan pengobatan COVID-19.

"Dan saya sangat senang komunitas peneliti terus bekerja menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan COVID," ujarnya.

Jokowi berharap karya anak bangsa tersebut tidak hanya berhenti di laboratorium. Jokowi berharap produk tersebut dapat diproduksi secara massal hingga diekspor ke luar negeri.

"Karya itu jangan hanya berhenti di laboratorium dan jangan hanya sebatas prototype saja tapi harus terus berlanjut, harus diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik kita dan juga bisa diekspor ke mancanegara," kata Jokowi.

"Untuk itu kolaborasi kerja sama dan kekuatan anak bangsa bisa diperlukan, lembaga litbang, perguruan tinggi, dunia usaha, dunia industri, masyarakat semuanya harus bekerja sama membangun ini," sambungnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan