Update BLT Terkini, Berapa yang Sudah Dikucurkan Pemerintah?

Pengucuran berbagai bantuan sosial untuk masyarakat terdampak virus Corona sedang berlangsung. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani memaparkan progres terkini penyaluran bantuan sosial tersebut.

Untuk program keluarga harapan (PKH) sampai bulan April lalu pemerintah telah mengalokasikan kepada 10 juta rumah tangga. Bantuan ini diberikan dobel khusus April-Juni menjadi per bulan, dari yang biasanya diberikan dalam waktu 3 bulanan.

"Sampai bulan April pemerintah telah mengalokasikan untuk 10 juta rumah tangga penerima PKH yang kemudian dalam triwulan ini mendapatkan bantuan bulanan yang biasanya sifatnya mendapat bantuan dalam waktu 3 bulanan," kata Askolani dikutip dari YouTube BNPB, Jumat (15/5/2020).

Sedangkan untuk bantuan sembako, targetnya adalah 20 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan mendapatkan. Namun sampai bulan Mei ini baru 17,5 juta KPM yang sudah menerimanya.

"Bulan Mei telah disalurkan kepada 17,5 juta KPM. Ini masih lebih rendah dari targetnya 20 juta," ucapnya.

Artinya masih ada 2,5 juta lagi target dari penerima. Askolani berharap, dalam waktu dekat pemerintah bisa mendapat data tambahan masyarakat yang terdampak COVID-19 sehingga penyaluran bisa langsung dilakukan.

"Penambahan data dari 15,2 menjadi 20 juta ini menjadi tantangan. Pemerintah harus cepat mencari data orang-orang terdampak dari pembatasan kegiatan sosial dan ekonomi untuk mendapat tambahan bantuan sampai 4,8 juta rumah tangga sasaran untuk diberikan bantuan. Ini terus dilakukan," ujarnya.

Dari bantuan sembako yang telah disalurkan tersebut, pemerintah telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 14,45 triliun.

"Sampai 13 Mei ini sudah dialokasikan anggaran sampai Rp 14,45 triliun untuk menambah kegiatan kartu sembako di tahun 2020 ini," imbuhnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan