Ekonomi Kembali Dibuka Bertahap, Ketua Gugus Tugas: Rupiah Menguat!

Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyatakan bahwa usai pemerintah memutuskan kembali membuka 9 sektor perekonomian ke publik secara bertahap, banyak hal positif muncul. Hal ini disampaikan Doni saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi kantor BNPB.

Hal positif tersebut adalah rupiah yang langsung menguat. Bahkan, Doni menyebut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebutkan cadangan devisa terjaga tetap di atas Rp 130 miliar.

"Kemudian setelah sektor ekonomi kita sampaikan ke publik maka kita lihat ada hal yang positif. Rupiah langsung menguat Bapak Presiden, dan juga menurut Gubernur Bank Indonesia, cadangan devisa kita tetap berada di atas Rp 130 miliar," jelas Doni dikutip dari akun YouTube BNPB, Rabu (10/6/2020).

Kemudian, Doni mengatakan salah satu kajian lembaga internasional, Politico, menyebut bahwa posisi Indonesia saat ini cukup baik.

"Salah satu kajian dari Politico salah satu lembaga menempatkan Indonesia pada posisi yang relatif cukup bagus," ungkap Doni.

Dia mengatakan, saat ini meski banyak peningkatan kasus di Indonesia, banyak juga daerah yang status risiko penularan virus Corona rendah. Dia menyatakan momentum ini harus dijaga, salah satunya adalah mengawal ketat daerah dengan risiko yang tinggi.

"Nah inilah yang sekarang kita jaga, momentum ini, ada beberapa daerah mengalami peningkatan tetapi kita yakin pembagian tugas antara pusat dan daerah sudah semakin baik, dan kami sesuai perintah Bapak Presiden daerah-daerah yang relatif berisiko tinggi tetap kami kawal," kata Doni. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan