Gugus Tugas: 40 Daerah dan 3 Provinsi yang Ikut Pilkada Risiko Tinggi Corona


Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo mengungkapkan ada puluhan kabupaten/kota dan sembilan provinsi yang akan mengikuti Pilkada Serentak 2020 berstatus zona merah virus Corona. Pilkada 2020 akan diikuti oleh 261 kabupaten/kota dan sembilan provinsi.

"Ada risiko tinggi yang warna merah, ada risiko sedang berwarna oranye, berisiko rendah dengan warna kuning, dan yang masih belum terdampak (warna hijau)," ungkap Doni Monardo dalam rapat kerja bersama Komisi II yang disiarkan YouTube DPR RI, Kamis (11/6/2020).

Doni Monardo hadir secara virtual dalam rapat yang membahas anggaran Pilkada 2020. Rapat juga diikuti oleh jajaran KPU, Bawaslu, Mendagri Tito Karnavian, dan Menkeu Sri Mulyani.

Menurut Doni, status-status daerah soal risiko pemaparan Corona akan sangat dinamis tergantung kesiapan daerah itu sendiri. Ia menjelaskan status daerah-daerah tersebut per hari ini, 11 Juni 2020. Gugus Tugas akan mengumumkan status setiap daerah yang mengikuti pilkada pada pekan depan.

"Bisa jadi yang merah pada akhir pelaksanaan atau menjelang pelaksanaan pilkada bisa jadi berwarna kuning misalnya, tetapi juga sebaliknya, yang tadinya semula berwarna kuning berubah menjadi warna oranye atau berwarna merah. Ini akan dilaporkan terus oleh tim pakar setiap hari Senin yang data-data ini merupakan data akumulasi dari seluruh kabupaten/kota," jelas Doni.

Doni juga meminta penyelenggara pilkada mengetahui status-status daerah ini secara detil. Mana saja daerah-daerah yang masuk zona hijau, kuning, oranye, dan merah setiap waktunya.

"Data sampai hari ini, daerah yang akan mengikuti pilkada serentak untuk kabupaten/kota sebanyak 261, 43 tidak terdampak, 72 risiko ringan, 99 risiko sedang, 40 berisiko tinggi. Sedangkan untuk provinsi terdapat sembilan. Data ini akan berkembang terus setiap minggu," sebut Doni.

Dimintai konfirmasi lebih lanjut, Kepala BNPB ini meralat jumlah kabupaten/kota yang berstatus kuning. Ada 72 daerah dengan risiko ringan. Doni juga mengungkap status sembilan provinsi yang akan melaksanakan pilkada tahun ini.

"Kuning 2, oranye 4, merah 3. Besar harapan kami agar penyelenggara betul-betul bisa mengikuti perkembangan yang ada," tegasnya.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan