HUT ke-59, Inspiring Story Jokowi Pernah Ditipu Sewaktu Usaha Mebel Tapi Berhasil Bangkit


Presiden Joko Widodo hari ini berulang tahun yang ke 59. Di usianya tersebut, banyak lika liku yang dihadapi hingga menjadi Presiden Republik Indonesia hingga dua kali masa jabatan.

Jokowi lahir dan dibesarkan di Kota Solo, Jawa Tengah. Ia merupakan anak sulung dari empat bersaudara, di mana ketiga adiknya perempuan.

Dirinya telah dibesarkan dari industri perkayuan. Bapaknya adalah seorang pedagang bambu dan kayu yang menghantarkannya hingga kuliah.

Saat kuliah, Jokowi mengambil jurusan Teknologi Perkayuan di Universitas Gajah Mada (UGM). Dirinya mengambil jurusan tersebut agar dapat lebih mendalam mengetahui tentang perkayuan.

"Saya ingin mengikuti jejak bapak ingin bangun bisnis kayu bapak menjadi besar," ujar video Youtube Presiden Joko Widodo, Jakarta, Minggu (21/6/2020).

Dirinya pun lulus kuliah tidaklah langsung memulai bisnis yang mapan. Layaknya lulusan fresh graduate pada umumnya, Jokowi melamar ke banyak perusahaan, hingga akhirnya mendapat pekerjaan di perusahaan kertas di Aceh.

Di sana, dirinya bekerja untuk mempersiapkan persemaian pinus untuk ditanam di hutan-hutan yang gundul. Bekerja di sana dirinya pun menikahi Iriana yang telah menjadi kekasihnya sejak akhir kuliah.

Dua tahun menikah dan hidup di hutan rimba aceh, Jokowi akhirnya memutuskan kembali ke Solo. Dirinya pun memulai bekerja di pabrik mebel punya pamannya untuk mencari pengalaman.

"Di sini saya belajar banyak tentang bagaimana menjadi pengusaha yang baik. semua posisi sudah dilakoni, di produksi, pemasaran semua sudah saya alami," ujarnya.

Usai putra pertamanya lahir, Gibran Rakabumi, hal ini memicu Jokowi untuk mendirikan perusahaan pertamanya. Jokowi pun memberikan nama perusahaan pertamanya CV Rakabu.

Namun, menjadi pengusaha tidaklah mudah dan akan mengalami kejatuhan juga. Jokowi sempat ditipu oleh kliennya saat itu.

"Saya pernah habis ditipu, barang dikirim tapi tidak dibayar, lalu orang menghilang. kalau kita jatuh, ya kita bangkit lagi," ujarnya.

Oleh sebab itu, dirinya memutar otak untuk terus bangkit dan mencari pinjaman modal usaha. Dengan semangatnya bangkit dan berkembang, Jokowi pun mencari pesanan hingga ke luar negeri.

"Saya ikut pamrean mebel, hasil usaha saya mulai terlihat, kantor tidak pernah sepi dari kunjungan pembeli," ujarnya.

Hal tersebut membuat dirinya semakin sukses, dan terus berkembang. Dari kehidupan tersebut, membuatnya duduk di jabatan Presiden Republik Indonesia hingga saat ini.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan