Jokowi Hadiri KTT ASEAN Secara Virtual, Bicara Tantangan Hadapi COVID-19


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri KTT ASEAN ke-36 secara virtual. Dalam KTT, Jokowi berbicara mengenai tantangan yang dihadapi ASEAN dalam penanganan virus Corona (COVID-19).

"Presiden RI dalam statement nasionalnya antara lain mengatakan bahwa dunia termasuk negara-negara di kawasan ASEAN saat ini tengah menghadapi 2 tantangan besar yaitu penanganan Covid-19 dan dampaknya, dalam hal ini sosial ekonominya," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai KTT yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/6/2020).

Tantangan yang dihadapi, kata pemerintah, semakin berat karena persaingan antara negara-negara besar serta pesimisme multilateralisme. "Presiden menyampaikan tantangan tersebut semakin berat karena situasi global dinamis yang ditandai antara lain persaingan atau rivalitas antara kekuatan besar negara-negara besar atau kekuatan besar meningkat, adanya pesimisme multilateralism," kata Retno.

Retno mengatakan, Jokowi menekankan pentingnya memperkuat kerja sama pemulihan ekonomi di kawasan ASEAN. Jokowi juga menyampaikan proyeksi pertumbuhan ekonomi dari IMF yakni minus 4,9 persen. Jokowi juga mengusulkan perlunya pengaturan ASEAN Travel Corridor.

"Presiden menyampaikan ASEAN perlu mulai pengaturan ASEAN Travel Corridor secara hati-hati, terukur dan bertahap dimulai essential bussiness corridor berdasar protokol kesehatan. ASEAN Travel Corridor penting untuk percepatan ekonomi ASEAN juga tunjukkan arti strategis ASEAN," ucap Retno.

Hal lain yang ditekankan Jokowi adalah pentingnya kerja sama kawasan. Di samping itu, perlunya memperkuat konektivitas.

"Hal kedua yang disampaikan presiden yakni pentingnya kerja sama kawasan, regionalism. Presiden mengatakan di tengah pesimisme multilateralism, kerja sama kawasan penting kembalikan harapan kepada multilateralism yang efektif, efisien dan berkeadilan," jelas Retno.

KTT dimulai hari ini pukul 08.30 WIB. Seluruh pemimpin negara ASEAN menghadiri KTT.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan