Jubir Presiden: Ultah ke-59, Jokowi Terus Layani Rakyat


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginjak usai 59 tahun hari ini, Minggu (21/6). Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan Jokowi terus berkomitmen bekerja melayani rakyat tanpa pamrih.

Fadjroel menyebut Jokowi lahir di lingkungan masyarakat kecil. Ayahnya, Notomiharjo seorang pedagang kayu dan bambu. Menurutnya, tempaan sebagai rakyat kecil mendorong Jokowi bekerja untuk rakyat.

"Situasi hidup serba pas-pasan membutuhkan mental keteguhan dan kebijaksanaan agar menjadi manusia penuh kebajikan. Nama Joko Widodo diberikan agar kelak tumbuh sebagai lelaki dengan keteguhan dan kebijaksanaan," ujar Fadjroel dikutip dari Antara.

Fadjroel menyatakan nilai kemanusiaan, toleransi, dan kerja keras adalah nilai luhur masyarakat Indonesia yang ditanamkan oleh kedua orang tua Jokowi. Menurutnya, nilai-nilai itu menjadi pondasi dasar ketika ia memimpin.

Sejak menjabat sebagai wali kota Solo periode 2005-2012, Jokowi membuat kebijakan yang pro-rakyat. Salah satu contoh ketika memindahkan pedagang kaki lima yang dilakukan dengan dialog, humanis, dan tanpa kekerasan.

Lebih lanjut, Fadjroel menyebut sikap tersebut masih terus dipegang oleh Jokowi sampai terpilih sebagai presiden 2014 lalu. Menurutnya, Jokowi menjadikan empati dan nilai luhur ke-Indonesiaan sebagai fondasi kepemimpinan politik nasional.

"Oleh karenanya, Presiden Joko Widodo sering berpesan 'demi rakyat kecil' kepada para pejabat pemerintahan," katanya.

Komisaris PT Waskita Karya (Persero) Tbk itu menyebut Jokowi juga tetap mengedepankan kepentingan rakyat dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19) yang sejak tiga bulan menerpa Indonesia.

"Selamat ulang tahun Presiden Joko Widodo, selalu sehat dalam lindungan Tuhan YME, berjuang tanpa pamrih untuk kemajuan dan kejayaan bangsa Indonesia serta Negara Kesatuan Republik Indonesia," tuturnya.

Seperti diketahui, Presiden ketujuh RI itu lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 1961 silam. Ia lahir dari pasangan Notomiharjo dan Sujiatmi.

Pada ulang tahun yang ke-58 tahun lalu, Jokowi mengaku selama ini dirinya tak pernah merayakan hari ulang tahun. Menurut dia, tak perlu ada pesta dalam setiap mengulangi hari jadinya.[cnnindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan