Kata Menkominfo Soal Kebocoran Data Tes COVID-19 Warga RI


Data tes COVID-19 di Tanah Air beredar di forum online, diduga diangkut oleh hacker. Bagaimana tanggapan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate?
Seperti diberitakan, database tersebut dipajang di forum online RaidForums. Pelaku mengklaim memiliki 230 ribu data warga Indonesia yang ikut tes COVID-19.

Pelaku yang memakai akun bernama Database Shopping ini berniat menjual data tersebut untuk pihak yang tertarik tanpa menyebut harga. Akan tetapi menurut Menkominfo Johnny G. Plate, sejauh ini database soal tes COVID-19 masih terpantau aman.

"Database COVID-19 dan hasil cleansing yang ada di data center kominfo aman. Kami akan menelusuri berita tersebut dan koordinasi dengan BSSN yang membawahi keamanan data COVID-19," terangnya kepada detikINET.

"Kominfo akan berkoordinasi untuk mengevaluasi data center k/l lainnya yang terkait. Semoga di data center lainnya juga aman," tambah dia.

Di forum tersebut, tampak data ini mencakup nama, tanggal laporan, alamat lengkap, kondisi kesehatan, tanggal ambil sampel, riwayat kontak dan lainnya.

Meski begitu, kesahihan data ini memang belum bisa dibuktikan kebenarannya. Selain itu, cuma sedikit anggota forum lain yang menanggapinya.

Jika seandainya benar, kebocoran data semacam ini tentunya meresahkan. Apalagi kali ini data yang dibocorkan terkait dengan riwayat kesehatan seseorang.[detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan