Masyarakat Makin Disiplin, Dokter Reisa Sebut Zona Hijau Bertambah


Lebih dari 200 negara di dunia masih dilanda pandemi Covid-19, termasuk Indonesia. Namun hingga saat ini, para ahli kesehatan masih berjibaku menciptakan vaksin yang dapat mencegah sekaligus menyembuhkan virus tersebut.

Alhasil, satu-satunya cara yang bisa dilakukan masyarakat Indonesia untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah direkomendasikan pemerintah. Yakni, mencuci tangan rutin dengan sabun dan air mengalir, jaga jarak, serta mengenakan masker.

Protokol kesehatan ini telah terbukti dapat menekan angka kasus positif di Indonesia. Seperti yang dijelaskan oleh Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro.

"Sekarang, tidak semua wilayah indonesia mencatatkan kasus positif. Ada beberapa wilayah yang tidak menemukan kasus Covid-19, dan ada juga wilayah yang kasusnya sembuh 100%," ungkapnya dalam konferensi pers di BNPB, Senin (29/6/2020).

Reisa kemudian membagikan data terkini terkait zonasi atau wilayah-wilayah di Indonesia yang terbagi dalam beberapa kategori sesuai tingkat kasus penularannya.

Seiring berjalannya waktu, disebutkan bahwa zona hijau di Indonesia semakin bertambah banyak. Dari data yang dihimpun per 21 Juni lalu, saat terdapat 112 kabupaten/kota yang masuk dalam kategori tersebut.

"Zona hijau itu artinya tidak ada kasus Covid-19 sama sekali. Jumlahnya meningkat jadi 112 kabupaten/kota, di mana pada tanggal 14 Juni masih 85 kabupaten kota yang ditetapkan sebagai zona hijau," jelas Reisa.

Selain itu, ada beberapa daerah yang terus berlomba mengubah status mereka dari zona kuning menjadi zona hijau. Jumlahnya bahkan mencapai 188 daerah, atau meningkat 50 daerah dari 138 dari data 14 Juni.

Reisa yakin masyarakat Indonesia mampu menekan bahkan memutus rantai penularan Covid-19, jika mereka tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari mereka.[okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan