Menkopolhukam Sebut 19 Kab/Kota di Jatim Siap Gelar Pilkada Serentak 9 Desember

Menkopolhukam Mahfud MD memastikan Pilkada Serentak bakal digelar tahun ini. Pilkada Serentak 2020 awalnya akan digelar September 2020. Namun ditunda karena wabah COVID-19.

"Jadi ini pertemuan terkait persiapan pilkada. Pilkada Serentak 2020 akan dilaksanakan tahun ini," kata Mahfud di Hotel JW Marriott Surabaya, Jumat (26/6/2020).

Mahfud menyebut Pilkada Serentak 2020 akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020. Di tengah pandemi, pelaksaan Pilkada Serentak akan dilangsungkan dengan protokol COVID-19 yang ketat.

"Menyampaikan persiapan pilkada, bahwa pilkada serentak dijadwalkan 9 Desember 2020. Pilkada tetap berjalan dengan protokol kesehatan berdasar standar WHO," jelasnya.

Mahfud menegaskan Pilkada Serentak harus segera dilaksanakan. Menurutnya tidak perlu menunggu COVID-19 selesai, karena tidak tahu kapan akan selesai.

"Kenapa kok tidak menunggu COVID-19 (selesai). COVID selesainya tidak jelas, belum tentu selesai. Kalau belum selesai pemerintah harus tetap berjalan secara definitif. Apalagi COVID tidak jelas kapan selesai. Kalau tidak segera dilaksanakan, nanti daerah pada Plt semua," terangnya.

Mahfud menambahkan 19 kab/kota di Jatim menyatakan telah siap melaksanakan Pilkada Serentak 2020.

"Semua daerah yang ikut pilkada di Jatim tadi sudah bertemu. Juga KPU, Bawaslu sudah bertemu, dan dari kaporan bupati wali kota, mereka sudah siap melaksanakan pilkada serentak 9 Desember nanti," pungkasnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan