Mensos Tegaskan Penyerapan Anggaran Kemsos Tertinggi


Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan realisasi penyerapan APBN 2020 Kementerian Sosial saat ini tertinggi dari seluruh kementerian dan lembaga.

"Per hari ini penyerapan atau realisasi anggaran di 2020 Kemensos 60,38 persen dari anggaran Rp104 triliun," kata Mensos disela-sela Penguatan reformasi birokrasi dan submit penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian Sosial di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan Mensos menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo pada Sidang Kabinet Paripurna pada 18 Juni lalu terkait penyerapan anggaran.

Lebih lanjut Mensos mengatakan, arahan Presiden agar realisasi anggaran bisa lebih cepat tersebut menjadi pemicu motivasi Kemensos agar bekerja cepat meski selama ini dirasakan sudah sesuai dengan target program.

Namun sebagai aparatur negara, percepatan realisasi anggaran tersebut perlu harus tetap akuntabilitas.

Mensos juga menjelaskan, untuk percepatan penanganan COVID-19 dilakukan pada tiga sektor yaitu penanganan kesehatan, perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi.

Total anggaran untuk perlindungan sosial mencapai Rp203 triliun namun tidak seluruhnya berada di Kemensos namun tersebar di beberapa kementerian seperti di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. [mnctrijaya.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan