Siap-Siap, PNS Pindahan ke Ibu Kota Baru 2024

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) tengah menyusun roadmap untuk memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS ke Ibu Kota baru di Kalimantan Timur. Langkah ini dilakukan untuk merespons wacana pemindahan ibu kota yang akan dilakukan pada 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, dengan disiapkannya roadmap ini artinya ASN di Kementerian/Lembaga atau pemerintah pusat akan pindah ke Kalimantan. Namun dirinya tidak menyebutkan berapa banyak ASN yang nantinya akan diboyong ke Ibu Kota baru tersebut.

"Kami juga sudah mempersiapkan sebuah roadmap untuk rencana perpindahan ASN di tingkat kementerian/lembaga di rencana ibu kota baru nanti," ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (22/6/2020).

Menurut Tjahjo, dirinya masih cukup optimis bahwa Ibu Kota baru akan mulai pindah pada 2024. Mengingat, pemerintah sudah membuat rancangan pemindahan Ibu Kota baru ini dengan begitu matang.

"Saya cukup optimis tahun 2024 ini sudah bisa terlaksana (Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan)," jelasnya.

Meskipun menurutnya, saat ini pemerintah sedang mati-matian bertahan dari gempuran pandemi virus corona. Namun menurutnya, pandemi virus corona ini justru menjadi tantangan bagi pemerintah untuk menjaga ekonomi maupun memindahkan ibu kota negara.

"Dengan berbagai tantangan dan permasalahan dari beberapa langkah-langkah menghadapi pandemi Covid ini," kata Tjahjo. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan