Teten Masduki Dorong UMKM Terhubung dengan Usaha Besar

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki akan terus membantu UMKM agar bisa naik kelas. Salah satuya dengan mendorong pelaku usaha kecil agar mampu terhubung dengan usaha besar seperti di negara maju.

“Saya kira penting juga membangun hubungan linkage antara usaha kecil dan usaha besar, seperti di Jepang misalnya, perusahaan otomotif besar di sana memasok sparepart yang diproduksi oleh UMKM lokal mereka. Pola supply chain ini yang masih kurang di negara kita,” ujar Teten dalam diskusi online, Senin (8/6/2020).

Teten menyebut, saat ini di Indonesia baru 5 persen UMKM yang sudah terhubung dengan pelaku usaha besar. Dia menilai, jika pelaku usaha kecil dapat terhubung dengan usaha besar secara baik, maka akan menghilangkan dikotomi dalam menyelesaikan masalah ekonomi di saat masa sulit seperti hari ini.

“Sekarang kalau pemerintah beri stimulus ke pelaku usaha besar, kan belum tentu si UMKM dapat imbas baiknya, tapi kalau sudah saling terhubung, kan otomatis bantuan juga akan dirasakan oleh pelaku usaha kecil,” kata dia.

Dalam beberapa studi yang dipublikasikan oleh beberapa lembaga kajian seperti di Universitas Indonesia (UI) hingga Bank Dunia, Teten menyebut hal itu menunjukkan bahwa UMKM yang mampu naik kelas adalah yang terhubung dengan usaha besar.

Untuk mewujudkan aktivitas ekonomi yang saling tersubstitusi tersebut, Kemenkop & UKM akan terus mengupayakan dengan salah satunya mendorong UMKM go digital. Upaya tersebut dirasa merupakan momentum yang tepat untuk dilakukan saat ini, dengan begitu produk hasil UMKM akan dapat dipromosikan secara luas.

Hanya saja, Teten mengakui, UMKM yang terhubung dengan market online saat ini baru sekitar 13 persen atau sekitar 8 juta pelaku usaha. Sementara yang 87 persen lainya belum terhubung, dan mayoritas belum melek teknologi. [inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan