Erick Buka-bukaan Alasan Jokowi Bentuk Satgas Covid-19 Baru

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir memberikan penjelasan ihwal langkah Presiden Joko Widodo membentuk tim khusus untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Tim tersebut akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP).

Hal tersebut diputuskan Jokowi saat menggelar rapat secara tertutup dengan jajaran menteri di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/7/2020).

Dalam tim yang diketuai Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Erick menjabat sebagai ketua pelaksana. Sedangkan Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional dijabat Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Dalam konferensi pers di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (20/7/2020), Erick mengaku baru mengadakan rapat dengan sejumlah petinggi tim antara lain Ketua Pelaksana Gugus Tugas Penangangan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

"Kebijakannya akan dibahas dengan pak menko (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto) sebagai pimpinan dan tentu di dewan pengarah ada menteri keuangan (Sri Mulyani), menteri kesehatan (Terawan Agus Putranto), menteri dalam negeri (Tito Karnavian). Programnya (kalau) sudah kita sepakati terus kita usulkan ke presiden sebagai pemimpin tertinggi," katanya.

Menurut Erick, besok sudah ada garis besar arah kebijakan dari tim khusus bentukan presiden. Dengan demikian maksimal Rabu (22/7/2020) bisa disampaikan kepada Airlangga.

Lalu, apa parameter dari kinerja tim?



Dengan kondisi hari ini, Erick menilai kesehatan dan ekonomi harus berjalan seiringan. Ia tidak ingin normal baru disalahartikan masyarakat. Semua dilakukan secara bebas tanpa protokol kesehatan sehingga berimbas pada gelombang kedua Covid-19. Muara dari itu semua adalah terganggunya kegiatan ekonomi.

"Beberapa bisnis belum dibuka contohnya perfilman atau teman yang dari ke kafe main musik. Hal ini pasti terdampak," ujar Erick.

Berikut susunan lengkap tim tersebut:

Ketua : Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Wakil Ketua 1 : Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan
Wakil Ketua 2 : Menko Polhukam Mahfud Md
Wakil Ketua 3 : Menko PMK Muhadjir Effendy
Wakil Ketua 4 : Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Wakil Ketua 5 : Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Wakil Ketua 6 : Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

Ketua Pelaksana: Menteri BUMN Erick Thohir

Sekretaris Eksekutif 1: Raden Pardede
Sekretaris Eksekutif 2: Sesmenko Perekonomian Susiwijono

Ketua Satgas Penang Covid-19: Kepala BNPB Doni Monardo

Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional: Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin
[cnbcindonesia.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan